Rahasia Sukses Bisnis Khadijah Istri Nabi SAW

Judul                   : Rahasia Sukses Bisnis Khadijah Istri Nabi SAW
Penulis                : Khoirul Amru Harahap, L.C, M.H.I
Penerbit              : Qultumedia
Tahun terbit       : 2008

khadijah

BAB 1: Sekilas Hidup Khadijah

Nama khadijah memang tidak dapat dilupakan dalam sejarah karena perjalanan hidupnya yang selalu dihiasi bunga-bunga  keberuntungan dan kemuliaan, tidak akan dapat dipisahkan dari perjalanan hidup Muhammad. Tidak pernah disebut kisah tentang wahyu, tentang diutusnya Muhammad sebagai utusan Allah, melainkan nama Khadijah tertera dalam kisah itu (Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki)

  • Khadijah binti khuwailid  lahir di Mekkah tahun 68 sebelum hijrah, 15 tahun sebelum tahun gajah atau 1 tahun sebelum kelahiran Muhammad SAW.
  • Khadijah memiliki nasab yang suci dan mulia. Ayahnya Khuwailid bin Asad adalah seorang pembesar Quraisy yang terkenal sebagai pedagang kaya yang dermawan.
  • Ibu Khadijah bernama Fatimah binti Zaidah.
  • Nasab Khadijah dari pihak ayah berhimpun pada nasab Rasulullah SAW pada kakeknya yang ke empat Qushai bin Kilab.
  • Sebelum menika dengan Rasulullah, Khadijah pernah menikah 2 kali, pertama dengan Abu Halah At-Tamimi, setelah Abu Halah meninggal ia menikah dengan Atiq bin Abid Al Makhzumi.
  • Khadijah mendapat warisan harta yang berlimpah dari suami pertamanya

Khadijah memiliki 6 keutamaan, yaitu:

1. iman agama dan kedalaman pemahamannya

  • Hidup dimasa jahiliyah, Khadijah bukan termasuk wanita-wanita jahiliyah umumnya. Ia sangat istimewa karena memiliki kedudukan yang tinggi, kehormatan, keimanan sejati, jiwa besar dan kesucian perilaku.
  • Sebelum masa islam, Khadijah adalah penganut agama yang dibawa Nabi Ibahim yang hanif yang berpegang pada manhaj tauhid sehingga ia terhindar dari paganisme dan kekotoran budaya jahiliyah.
  • Rasulullah bersabda: Allah tidak memberiku pengganti yang lebih baik dari Khadijah. Ia telah beriman kepadaku saat orang lain kufur, ia memercayaiku ketika yang lain mendustaiku. Ia memberikan hartanya padaku ketika  tidak ada orang lain membantuku. Dan… Allah juga menganugerahiku anak-anak melalui rahimnya, sementara  istri-istriku yang lain tidak memberiku anak. (HR Bukhari, Ahmad, dan Thabrani)
  • Keimanan dan kematangan khadijah terlihat ketika Rasulullah pertama kali mendapat wahyu dan ketakutan, lalu khadijah menghibur dengan cara yang tepat. Ia mengatakan kepada Rasul SAW: “Tidak, demi Allah, Allah tidak mungkin sekali-kali  pun merendahkan dirimu, karena engkau selalu menyambung silaturrahim, memikul beban, menghormati tamu, membantu orang miskin, dan menolong siapa saja”

2. Wanita terbaik di dunia, perempuan terbaik dari golongan islam, dan perempuan terbaik penghuni surga

  • Rasulullah pernah bersabda: “ Cukuplah bagimu empat perempuan terbaik di dunia, yaitu Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiah istri Fir’aun” (HR Ahmad, Aburrazaq, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Hakim)
  • Khadijah adalah wanita terbaik dari golongan islam, sebagaimana Maryam menjadi wanita terabik dari golongan Nasrani
  • Rasulullah juga mengatakan bahwa empat perempuan penghuni surga terbaik salah satunya adalah Khadijah

3. Mendapat salam dari Allah dan berita gembira dengan sebuah rumah di surga

  • Suatu ketika, khadijah sedang menuju kamar Rasulullah membawakan makanan, lalu jibril datang pada Rasul SAW, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits: “Jibril penah menemuiku dan berkata ‘wahai Rasulullah, Khadijah tengah mendatangimu. Ia membawa wadah berisi lauk—makanan atau minuman. Maka jika dia telah sampai kepadamu, sampaikanlah salam kepadanya dari Tuhannya dan dariku. Dan beritahu padanya sebuah kabar gembira berupa sebuah rumah di dalam surga yang terbuat dari kayu dan di dalamnya tidak terdapat kesusahan dan kegaduhan’” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Semua putra-putri Rasulullah lahir dari rahim Khadijah kecuali Ibrahim

  • Meski menikah dengan Rasulullah SAW dalam usia 40 tahun, khadijah telah melahirkan 6 anak Rasulullah yaitu: Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayah, Ummu Kultsum, dan Fatimah.
  • Anak Rasulullah Ibrahim lahir dari istri Rasulullah Maria Al Qibtiya

5. Rasulullah selalu mengenang cinta Khadijah dan menjaga ubungan baik dengan Keluarganya

  • Sepeninggal Khadijah, Rasulullah adalah orang yang paling memperhatikan silaturrahim dengan orang-orang yang dekat dengan Khadijah misalnya sahabat, dan saudara. Rasul SAW pernah menyembelih seekor kambing dan membagikan dagingnya ke teman-teman khadijah. Selain itu, Rasul SAW juga sering menyebutkan kebaikan-kebaikan khadijah. Inilah yang membuat Aisyah Istri Rasulullah cemburu kepada Khadijah melebihi istri Rasul yang lain.

Kehidupan Khadijah dengan Rasulullah SAW

  • Khadijah pertama kali mengenal Rasulullah SAW ketika Ia hendak mengirim kafilah dagang ke negeri Syam. Khadijah mendengar bahwa ada pemuda jujur dan berakhlak mulia bernama Muhamad. Ia tertarik  dan menawarkan Muhammad menjadi pengawas kafilah dagangnya dan akan membayar dua kali lipat. Dalam kafilah itu disertakan pula pembantu Khadijah yang bernama Maisyarah. Maisyarahlah yang kemudian memberikan kabar mengenai akhlak mulia Rasulullah SAW selama di perjalanan.
  • Khadijah sangat tertarik dengan kemuliaan akhlak Rasulullah SAW. Khadijah curhat ke sahabatnya nafisah. Nafisah kemudian membantu menyampaikan niat Khadijah untuk minta dinikahi oleh Muhammad. Akhirnya Rasulullah SAW menikah dengan Khadijah dengan Mahar 20 ekor unta.
  • Setelah menikah dengan Rasulullah SAW, bisnis Kadijah diserahkan sepenuhnya kepada Rasulullah SAW. Sedangkan Khadijah memilih untuk total merawat dan melayani Suami tercintanya, Muhammad SAW.

BAB 2: Perjalanan Karier Khadijah dalam Dunia Bisnis

  • Khadijah memang terlahir di keluarga pedagang sehingga dalam diri Khadijah sudah mengalir darah “pedagang”. Ayahnya Khuwailid bin Asad adalah pedagang kaya yang disegani di kalangan quraisy. Khuwailid bin Asad terkenal baik hati, membina hubungan baik dengan tetangga dan suka menolong fakir miskin.
  • Khadijah mendapat warisan harta yang berlimpah dari suaminya, namun demikian warisan itu mampu ia kelola dengan baik sehingga harta tersebut terus bergerak dan produktif. Disitulah letak kepiawaian khadijah dalam mengelola uang. Selain itu Khadijah juga memiliki bakat berwirausaha karena sering mempekerjakan para lelaki dan mampu mendelegasikan tugas dengan baik.

“Salah satu ciri orang yang bermental wirausaha adalah ia selalu berusaha mendelegasikan pekerjaan ke orang lain,sehingga ia bisa mengerjakan yang lain dan berpikir untuk mengembangkan usahanya

(M.Al Ghazali:Sejarah Perjalanan Hidup Muhammad)”

  • Khadiah juga sangat piawai dalam memilih SDM misalnya dalam  hal memilih Muhammad yang terkenal dengan kejujurannya. SDM adalah elemen terpenting dalam dunia bisnis. Sebenarnya ada 3 elemen terpenting yang mutlak bagi pertumbuhan bisnis yang baik, ke tiga hal itu, yang pertama adalah SDM, yang kedua SDM dan yang ketiga SDM.. JJ (ibid)
  • Khadijah tida suka menimbun harta sehingga tidak produktif. Sebaliknya ia senantiasa menjalankan roda bisnis dan tidak pernah melakukan monopoli.
  • Khadijah memang memiliki modal, tapi hal terpenting dalam bisnis bukanlah modal. Menurut Bambang suharno: Hakikatnya modal tidak harus berbentuk uang. Otak anda adalah modal Utama dalam memulai usaha. Jaringan persahabatan (network) juga termasuk modal. Bodoh adalah modal untuk bisa pandai, miskin adalah modal untuk menjadi kaya, tak punya modal adalah modal untuk mendapatkan modal” ^_^v

BAB 3: Rahasia Kesuksesan Bisnis Khadijah

1. Rahasia pertama: Keimanan yang kokoh dan spiritualitas yang tinggi

  • Kata Rasulullah SAW: iman itu ada 70 tingkatan, yang paling tinggi ialah ucapan tiada Tuhan selain Allah dan yang paling rendah adalah menyingkirkan bahaya dari jalanan”
  • Orang yang bertaqwa itu orang yang kuat batin dan jiwanya sehingga tida pernah gentar menghadapi hidup. Ia akan percaya sepenuhnya pada Allah dan hanya mnaruh harapan kepada Allah SWT. Ia juga tidak mudah putus asa karena percaya Allah selalu menyertainya.

QS Al-Haadid:4 à Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa kemudian Dia bersmayam di atas Arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke bumi dan apa yang keluar dari padanya dan apa yang turun dari langi dan apa yang anik kepadanya. Dan Dia bersama kamu dimana saja kemu berada. Dan Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan.

  • Orang yang beriman juga akan mendapatkan rasa aman karena keyakinan bahwa ia hanya bersandar kepada Allah, dan disisi Allah semua pasti terkendali. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai masa depan.. hal seperti ini yang dirasakan Nabi Ibrahim ketika dicec kaumnya karena beriman kepada Allah, seperti tersimpan dalam QS Al-An’am: 81-82.
  • Iman juga menyebabkan seseoarang jadi PeDe alias “Percaya Diri”. Dalam ilmu psikologi dijelaskan bahwa kepercayaan diri adalah pangkal dari kesehatan jiwa. Ia juga akan mebuat penampilan yang simpatik, toleran, bersahabat, damai, dan tidak mudah tersungging, ehe..tersinggung… Jv.
  • Iman dan tauhid akan mengantarkan seseorang pada keyakinan bahwa harta benda yang dimilikinya adalah milik Allah. Ini akan membawa pada sikap dermawan.
  • Iman dan tauhid juga akan menjauhkan seseorang dari segala brntuk eksploitasi manusia, riba, pencurian, penipuan etc..

2. Rahasia kedua: Mentalitas Wirausaha

Ternyata wiraswasta dan wirausaha itu beda!

Michael Garner dalam bukunya Entrepreneur Myth menyatakan bahwa ada 3 tipe pelaku usaha:

  • Pertama tipe teknisi à menjalankan bisnis berdasarkan hobi, sehingga dia paling mengerti pekerjaan teknis.makin maju usahanya ia akan semakin disibukkan dengan hal teknis akhrnya ia terjerat dalam situasi dimana semua hal bergantung padanya. Pebisnis tipe ini adalah owner sekaligus karyawannya. Semakin bertambah pembantu, semakin repot pekerjaan sehari-harinya.
  • Kedua tipe Manajer à pemililik sekaligus manajer. tipe pembuat rencana jitu. Matang sebelum bertindak dan selalu melakukan evaluasi rutin. Struktur organisasi disusun rrapi. Mereka penuh pertimbangan. Artinya banyak rapat Sehingga makin maju bisnisnya makin banyak rapat. Makin banyak karyawannya makin banyak rapat
  • Ketiga tipe entrepreneurà ini lah pebisnis yang business owner yang sebenar-benarnya. Ia menjabat sebagai pemilik skaligus direktur Utama yang tugas utamanya adalah memotivasi karyawannya, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, jaringan dll.senantiasa berfikir ke depan, visioner. Oleh karena itu makin berkembang usahanya makin sedikit mengerjakan hal teknis.

Nah, jika dilihat dari ketiga tipe ini, khadijah adalah tip eke tiga. Karena meskpun sederhana, ia telah menunjukkan seorang entrepreneur sejati. Misalnya dia lebih suka mendelegasikan tigas kepada orang lain, pandai bernegoisasi ketika menawarkan pekerjaan pada Muhammad SAW dll..

3. Rahasia ketiga: Punya modal dan pandai mengelolanya

4. Rahasia ke empat: Punya kemampuan merekrut karyawan dan menjalin mitra bisnis

  • Modal khadijah yang ia dapatkan dar suami dan keluarganya yang pedagang tidak pernah didiamkan begitu saja. Khadijah kreatif dalam berpikir dan menjalankan uang supaya selalu bergerak dan produktif. Ia tidak suka uang yang ditimbun dan tidak manfaat.
  • Khadjah pernah tercatat menginvestasikan modalnya dari warisan suaminya kepada ayahnya dengan sistem bagi hasil
  • Tidak ada bukti dan catatan sejarah mengenai berapa dan siapa saja karyawan khadijah. Yang ada hanya beberapa mitra khadijah dari kalangan Quraisy.
  • Dalam memilih mitra bisnis, khadijah memasang criteria: kejujuran, tanggung jawab, dapat dipercaya. Ini dimaksudkan untuk menjamin keamanan dan kesselamatan barang-barang dagangannya
  • Khadijah memiliki standa upah yaitu dua ekor unta muda untuk seorang pemuda mitra bisnisnya. Standar maksimumnya adalah 4 ekor unta. Standar maksimum diberikan untuk orang yang paling teerkenal integritas dan kejujurannya.
  • Dalam memilih karyawan, khadijah juga menerapkan proses wawancara seperti yang ia lakukan kepada Rasulullah SAW serta mengajukan kontrak di awal.
  • Dalam dunia usaha sendiri ada 7 kriteria yang dinilai berdasarkan wawancara yaitu: capability, capacity, character, commitment, creativity, dan compatibility.
  1. 5. Rahasia ke lima: Suka berderma
  • Suatu hari datanglah Halimah Sya’diyah ke rumah Khadijah. Khadijah begitu mengormati Halimah sebagai Ibu Susu suaminya SAW sehingga Halimah menjadi tamu istimewa. Halimah menceritakan kondisi kampong halamannya yang ditimpa kemelaratan dan kekeringan. Ketika pulang, Khadijah membekali Halimah dengan seekor unta dan empat puluh ekor kambing. Subhanallah..
  • Khadijah juga sangat penyayang terhadap anak-anak. Betapa ia membasarkan anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Tidak hanya itu, ia pun mengasuh Ali bin Abi Thalib yang kelak menjadi suami anaknya Fatimah. Ia juga mengasuh seorang budak yang bernama Zaid bin Haritsah.
  • Saat Rasulullah dan bani Hasyim diboikot oleh kaum Quraisy,Khadijah tetap setia mendampingi nabi dan justru membantu orang-orang yang terisolasi akibat boikot tersebut.
  • Pahala orang yang berderma telah banyak diungkapkan Allah SWT di dalam Al-Quran. Misalnya pada QS AL-Baqoroh: 261 à Perumpamaan orang yang menafkahkan harta mereka  di jalan Allah adalah seperti dengan butir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir seratus biji. Allah (terus-menerus) melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karuniaNya) dan maha Mengetahui.
  1. 6. Rahasia ke enam: Berani mengambil keputusan dan membaca  peluang
  • Saat mengutus Muhammad SAW berdagang ke Syam, Khadijah sama sekali tidak punya jaminan bahwa Rasulullah sudah berpengalaman berdagang ke luar negeri. Tercatat bahwa sebelumnya Rasulullah hanya sekali pernah ke Syam, ketika bersama Pamannya Abu Thalib. Ini tentu resiko di satu sisi, namun Khadijah memiliki analisa dan firasat yang tajam mengenai Rasulullah, mitra dagangnya.
  • Bukti kedua bahwa Khadijah berani mengambil keputusan adalah ketika memutuskan untuk meminta dinikahi oleh Muhammad. Khadijah berhasil menghancurkan tradisi Arab yang memandang bahwa wanita itu hanya boleh menunggu untuk masalah jodoh.
  • Khadijah juga memutuskan hal yang tepat ketika menolak lamaran orang-orang Quraisy yang hanya mengharapkan kekayaannya.
  1. 7. Rahasia ke tujuh: Pandai membaca pasar dan target pasar
  2. 8. Rahasia ke delapan: Stabilitas keamanan kita Mekah dan letaknya strategis untuk iklim usaha
  • Kondisi pasar di Mekkah pada masa Khadijah sangat baik. Mekkah terletak di tempat yang strategis yaitu di garis lintang antara Yaman dan Syam Serta dekat dengan laut tengah. Posisi mekkah tepat di tengah Jazrah Arabia, sehingga tidak sulit bagi orang-orang mekkah mencapai daerah lain, dan sebaliknya.
  • Di Mekkah ada Baitullah tempat melakukan ibadah haji. Sehingga setiap tahun selalu ramai dikunjungi kabilah2 arab yang berhaji. Ini tentu menambah devisa dan pasar bagi para pedagang.di mekah juga terdapat pasar besar yang permanent seperti pasar Ukaz ddan Dzul Majaz.
  • Nabi Ibrahim AS pernah berdo’a ayng terprasastikan dalam Al-Quran QS Al-Baqarah: 126 à Tuhanku, jadikan negeri ini (negeri yang) aman sentosa, dan berikanlah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka, kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: “dan kepada sapa yang kafir Kusenangkan sedikit, kemudian aku paksa mereka menuju siksa neraka, dan itulah seburuk-buruk tempat kembali..” keberkahan kota mekkah tidak terlepas dari do’a Abul Anbiyya ini..
  • Ketika pasukan abrahah hendak menghancurkan mekkah, Allah Sang Pemilik Rumah Suci ini segera menghancurkan mereka seperti diabadikan dalam QS Al-Fiil.
  • Masyarakat Quraisy terbiasa melakukan perjalanan dagang pada musim panas dan musim dingin (seperti diabadikan dalam QS Al Quraisy). KEuntungan mereka yang didapat selalu dibagi rata. Apa yang diiperoleh si kaya diperoleh dalam kadar yang sama pula oleh si miskin. Sikap gotong royong ini yang menjadikan Allah mengabadikan kisahnya dalam Al-Quran
  • Orang2 Quraisy sangat mengagugkan dan melndungi ka’bah sehingga ka’bah senantiasa adalam keadaan yang aman. Selain itu penduduk mekkah selalu mendapat keuntungan dengan kedatangan jamaah haji setiap tahunnya. Slain aman, mekkah pun sejah tera..sebagaimana do’a yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim AS.

5 Comments

Filed under Resume Buku

5 responses to “Rahasia Sukses Bisnis Khadijah Istri Nabi SAW

  1. Sebuah artikel yang sangat bermanfaat. Mohon ijin untuk mengutip kisah Khadijah sebagai pedagang utk artikel saya.

    Trims,
    Iva
    http://www.wnt-network.com

  2. birdofpassages

    alhamdulillah, senang jika bermanfaat. monggo mbak silakan..:)

  3. Pingback: Perjalanan Karier Khadijah dalam Dunia Bisnis | tegalwarukreatif.info

  4. Inspiratif kehidupan perempuan yang sangat baik

  5. Pingback: 7 alasan wanita muslimah perlu berbisnis (dan link referensi bacaan marketing menarik) – Creativepreneur Mommy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s